Cinta Kasih Papa

mama dan papa.

Udah beberapa tahun lalu, semenjak saya mampir ke Gereja Mawar Sharon surabaya.

Ada khotbah yang bilang kalo kita sering hubungin telpon papa karna minta uang, karna ada butuhnya.
Gak pernah yang namanya nanyain kabarnya ataupun nanyain lagi apa.
Saat denger khotbah tersebut, aku langsung ngikik-ngikik dan nangis terharu.

Lah kok sama gitu loh sama aku? Hehehe.
Hingga akhirnya disuatu ketika aku mencoba.
iya mencoba untuk sms papa dan nelpon papa hanya untuk nanyain "Pa lagi apa?"
Langkah banget.

Btw, saya ingin menceritakan tentang latar belakang papa aku. Cerita ini bukan maksud untuk buka2 privacy, pamer atau semacamnya, kalo ada yang keberatan dengan cerita aku maaf.
Karna cerita ini hanya bermaksud untuk menginspirasi dan tidak ingin menutup-nutupi segala sesuatu.
oke chek this out!

Karna kebetulan, aku dari kecil dari lahir.. udah punya 2 mama, satunya mama kandung, dan satunya mama tiri.
Tapi aku gak pernah sebut dia mama, karna mama saya cuma 1 yaitu mama saya yang disurga :). Saya memanggil mama tiri saya ini 'Tante' hehehe.
Mama kandung aku itu istri nomer 1.
Yang kalo diceritain tentang perjuangan mama, aku salut banget loh sama mama aku ini!
Dia orang yang setia, selalu berjuang supaya papa tetap sama mama.
Walaupun mama harus merelakan jika papa punya istri baru.

Tapi mama tetep istri, mama gak mau diceraikan oleh papa. PAPA Pulang ke rumah mama pun 2hari sekali. 1 hari ke rumah istri ke 2 , satu hari ke rumah mama. Mama tetep minta keadilan.
Padahal ya, mama itu depresi berat, mama sakit-sakitan gara2 selalu mikirin papa. Tapi mama gak pernah mendua, hati mama tetep untuk papa.
Mama saya adalah orang yang sangat setia!

Hingga aku mengalami trauma, aku harus dapetin pasangan setia. Pasangan seumur hidup. Aku mewarisi hati mama, aku orang yang selalu pengen setia. Rasanya, kalo mau mendua itu boro2, pasti bakal langsung ilfil sama diri sendiri!.

Hingga disuatu ketika mama saya meninggal, papa saya pun sakit-sakitan. Papa sakit ginjal dan diabetes , dll. jadi setiap minggu harus menjalani cuci darah.

Papa saya ini adalah orang yang sangat menyayangi saya, dari kecil.. cuma aku yang selalu dimanja, disayang, dibeliin ini itu. Sedangkan koko saya tidak.
Kata mama, aku adalah anak kesayangannya.

Saat mama saya meninggal, papa sudah tidak bisa harus bolak balik 2 hari sekali ke rumah saya. Papa saya sakit!.
sayà sangat sedih ketika mengetahui kedua orang tua saya sakit-sakitan.
Hingga saya pun ingin hidup sehat, makan yang sehat sehat mulai sejak dini.
Jadi saya hanya tinggal dengan koko saya dirumah, tapi terkadang papa setiap hari minggu selalu ke rumah untuk mampir bawain makanan dan buah2an. Papa saya itu tetep perhatian loh dengan saya. Saya masih dikasih uang sangu, dibayarin uang sekolah.

Saya sih ngerasain rasanya sepi yang mendalam semenjak mama gak ada. Dirumah terasa sepi banget. Aku rindu kulineran bareng mama, curhat ke mama. Rasanya pengen ngulang semuanya.

Terus kan dirumah itu cuma ada koko saya, koko saya pagi sampe malem kerja.
jadi kalo aku pulang sekolah ya hanya sendirian dirumah. Hehehe.

Semenjak kepergian mama, saya juga belajar loh yang namanya mandiri, saya juga dididik keras sama koko saya!
kadang saya nangis, tapi toh itu juga demi kebaikan saya.

Saya pun juga sering ke rumah papa (yang rumah istri ke 2nya) hanya untuk menemui papa dan melihat kabar papa.

Saya juga pernah loh nyindir papa saya pas mama belum meninggal: "papa itu punya istri 2 ! papa tukang selingkuh!"
Dan dengan takutnya saya, papa langsung datang ke kamar saya sambil marah. Saya ketakutan sekali. Saya hanya ingin melindungi mama saya, saya hanya ingin papa mengerti mama saya yang sedih.

Pkoknya saya paling takut kalo papa saya marah, bisa2 saya gemeteran .

Tapi papa saya adalah orang yang baik, papa tidak pelit, dia selalu membagi berkat untuk orang lain. Papa saya selalu mencintai saya walaupun mama saya sudah tidak ada, papa tetap mempedulikan saya dan koko.
Yang dulunya koko benci sama papa , sekarang mereka jadi saling menyayangi.

.
.
Terus bagaimana dong dengan cerita yang awal??!
Yang tentang kotbah.
Iya semenjak dengar khotbah itu, saya jadi sering sms papa saya "pa lagi apa?"
"pa selamat ulang tahun" "pa, apa kabar?"
Hanya satu yang tidak pernah saya lakukan "pa i love you!"
Tidak pernah, karna saya terlalu malu.
Kan tau sendiri, kalo saya ini sulit untuk ekspresiin kasih sayang!.
Hehehe.
dan saya dapet respon yang bagus loh.
Papa saya sekarang jadi sering nelponin saya hanya untuk tanya "yol lagi apa?"
Sering banget sms "Yol lagi apa?"
Aku belajar untuk perhatian sama papa, belajar untuk menjaga orang tua saya yang tinggal sebiji. Jangan sampai nyesel ketika orang tua sudah tidak ada lagi. Saya tidak pernah membenci papa saya, karna dia adalah my hero! Dia orang yang gak pernah mengeluh! Dia selalu melindungi dan menjaga saya. :)

Yang dulunya saya selalu membawakan oleh2 untuk mama ketika pergi, dan gak pernah bawain oleh2 untuk papa.
eh sekrang saya jadi bawain papa oleh2.

Papa gak pernah pilih kasih dengan anak-anaknya. Semuanya diperhatiin. Papa saya ini orangnya juga pekerja keras, selalu nyempetin kerja walau kondisinya lagi gak fit! Hebat kan?!

Semenjak papa sakit-sakitan, aku jadi takut kehilangan papa. Aku selalu berusaha nanyain kabarnya.
Kalo boleh minta sama Tuhan, aku pengen papa disembuhin, biar kehendakNya yang jadi.
aku pengen papa dikasih umur yang super panjang.

Selama ini aku selalu kesepian, aku gak pengen kedua orang tuaku harus ninggalin aku. Aku pengen papa tetap ada untuk aku. Plis ya Tuhan kabulin permintaanku ini ya! Aku pengen keluarga saya utuh.

Saya cinta sama papa saya,
Bahkan dia pernah menasehati saya "Yol kalo kamu udah dewasa udah kerja sendiri, harus jadi orang yang dermawan ya!"
Nasihat itu masih terdengar jelas dalam ingatan saya.

Makanya, kadang saya suka heran terhadap orang-orang muda yang selalu membenci ayahnya karna sifat ayahnya tersebut, yang dilihat dari ayah hanya sifat jeleknya saja. Tapi sifat baiknya tidak pernah diliat. Hal itu banyak terjadi di sekitar saya, mereka selalu meremehkan ayahnya.

Padahal saya tahu jelas, seorang ayah. Walaupun ayah terlihat cuek diluar, sebenernya mereka punya cinta yang tulus buat anak2nya. Karna seorang ayah tidak mudah mengungkapkan kasih sayangnya. Namun ia selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak-anaknya. Jadi berilah perhatian dan kasih sayang sebaik mungkin untuk papa kalian! :)
Selalu berusaha angkat telpon orang tua kalian, dan sms orang tua kalian "lagi apa pa, lagi apa ma" . Bukan hanya sms atau telpon untuk minta duit.
Hal-hal simple tersebut bkin orang tua kita terharu. Dan berusahalah kasih kado buat orang tua kalian, meskipun hanya kado simple. Tapi itu ampuh bikin orang tua seneng dan terharu! :')

Jangan lupa juga, untuk jadi pasangan yang SETIA untuk pasangan kalian hingga maut memisahkan :D

Siapa yang cinta papanya??!!!
SAYA !!!

I Love You


Komentar

Postingan Populer