Tentang Belajar Diam dan Mengalah

Yap, bisa dibilang aku ini paling gak suka kalo ada yang bilang "Kamu itu masih kecil. Kamu itu gak bisa kayak gini. Kamu itu gak bisa punya cita2 kayak gitu. Kamu itu belum gede tapi kelakuan udah kayak orang gede. Kamu itu masih sekolah, kamu itu gak bisa jualan, kamu itu harus gini gitu."

Jujur, aku gak suka denger kalimat "kamu masih kecil". Masalahnya saya ini sudah besar kok hihihi *lempar sandal ke muka sndiri*

Aku ngerti aku masih sekolah, duduk dibangku SMA kelas 12. Tapi kenapa selalu dianggap anak kecil. Hehehe.

Aku juga sering tuh ngasih saran ke Saudara saya pas dia marahin saya, tapi dia gak trima. (Bukan ngelawan ya, tapi ngasih saran) Dan malah ngamuk keras ke saya. Padahal itu cuma saran hehehe. Sulitnya itu, saat kita ngasih saran ke orang lebih tua dari kita terkadang orang tersebut ngerasa paling bener. Cuma pengen kita yang salah. Dia bener.

Sebetulnya, saya ini ingin sekali punya seseorang yang lebih tua mampu mendengarkan dan mau mengerti kalo dia salah, dia gak selamanya bener. Walaupun dia sudah pengalaman sama hidup, tapi kan ibarat orang ngomongin tentang awan eh orang lain ngmongin tentang bintang. Saya pengen ide saya didengarkan.

Jadi, kita itu meskipun umur sudah tua.. tapi juga harus bisa balance pemikiran kita. Gak harus kita ngerasa paling bener. *hehehe* *kamu sok bijak yol*

Saya pun harus tetep sopan terhadap orang yang lebih dewasa, sehingga terkadang saya lebih memilih untuk diam saat orang lain bercerita kepada saya tentang pemikirannya untuk masa depannya. Nanti kalo saya ikut campur lagi dan nasihatin balik, pasti nanti bakal dimarahin lagi dan dibilang kalo saya sok ngerasa bener. Saya belajar mengalah dan ikut mendukung.

Oh ya, lanjut lagi ya ke pembicaraan kalo saya itu gak suka dibilang anak kecil. Hihihi kenapa bisa gitu ya??
entah, hati yang merasakan. Saya cuma mengekspresikan hati saya:'D wkwkkw.

Saya sudah punya pemikiran sendiri untuk masa depan saya, untuk segala hidup saya, apapun yang terjadi. Meskipun orang lain gak ngerti sebenernya apa yang ada diotak saya. Saya tetep pingin ngelakuin yang orang dewasa lakuin.

Kalo pun saya usaha jualan selalu dimarahin "kamu itu masih kecil, fokus sekolah!" Sehingga saya harus meninggalkan bisnis salad buah saya 2 tahun yang lalu. Padahal usaha salad buah ini sudah banyak langganan hihihi.

Terus saya juga pernah berbincang dengan keluarga saya "aku pengen buka usaha penyetan. Aku pengen nabung untuk buka usaha itu. Aku yakin bakal laku" tapi selalu dimarahin "Ngapain sih? Aneh2 aja!. Kamu itu masih kecil. Fokus o sekolah!!"

Huahhh. Ya itu yang saya bingungkan, saya selalu dianggap anak kecil.
padahal pemikiran saya, cita2 saya yang ingin jadi wirausaha, buka salon sudah terpampang jelas dalam pemikiran saya.

Begitupun kalo disekolah, saya ini gak hobi. Hobinya bisnis mulu, selalu berusaha bisnis didalem skolah. HaHahah.. #ssttt

Terus, saya pengen banget loh punya gerobak sendiri. Sekolah kan pagi sampe siang, nah malemnya bisa jual penyetan. Saya suka banget akhir2 ini masak. Dan masakan andalan saya adalah penyetan, kata orang penyetan saya ini enak. Lelenya garing renyah, terus ayamnya gak alot (gak keras) begitu kata orang yg pernah nyicipin penyetan saya. Wkwkwk.

Kapan ya saya bisa punya gerobak sendiri?
Satu lagi alasan kenapa saya gak suka dibilang anak kecil, karna saya sudah cukup umur untuk menentukan pilihan saya, saya sudah tidak mau di dunia anak kecil lagi, saya sudah besar harus bisa jadi orang yang mandiri.

kenapa sih gak bilang "kamu itu udah gedee" *maksa banget yol* hahaha! :D

Tapi kalo untuk dinasehatin, saya suka. Saya mengambil nasihat orang2, agar saya bisa menjadi lebih baik untuk ke depannya, saya bisa bertumbuh jadi gadis yang baik hati *cielah*. Saya suka dinasehatin, tapi kadang kadang pernah juga keras kepala. Tapi saya tau itu yang terbaik buat saya kalo misal nasehat itu bener. Saya belajar mengambil inti dari nasehat tersebut. Saya harus berubah juga menjadi lebih baik.

Eh pernah juga dong, ada orang-orang yang pernah nasihatin saya terus pernah toh saya keras kepala dengan pemikiran saya. Eh orang itu ngamuk2 dan orang-orang tersebut bilang kalo benci dengan saya.
Hehehe. Saya kok jadi ngerasa bersalah ya.
Tapi seharusnya ketika kita mampu menasihati orang lain dan orang lain malah keras kepala, seharusnya kita harus bersyukur kita bisa dikasih pilihan oleh Tuhan untuk nasehatin orang tersebut. bukan malah benci sama dia dan jadi males sama orang yg kita nasehatin. Bukan malah nginget2 apa salahnya dia. Tapi toh apa salahnya kita ikut seneng bisa nasehatin, bisa membantu walaupun orang trsebut keras kepala. Soalnya pasti disaat org yg kita nasehatin jatuh, dia bakal mengingat nasihat kita dan berterima kasih kepada kita karna kita bisa bikin seseorang itu berubah walaupun hasilnya dan waktunya sangat lama. :)

Yang penting kita kasih yang terbaik untuk seseorang bukan malah untuk dibenci ketika orang trsebut keras kepala. Terus yakin deh orang yg kita nasehatin bakal ngucap syukur en makasih sama kita karna kita udah jadi orang yg tulus sama mereka :).

Saya pun gitu, saat saya jatuh dan pernah keras kepala sama nasihat seseorang . Saya pun jadi inget dan berterima kasih sama org itu tapi saya udah gak bisa berterima kasih karna orang tersebut udah benci dengan saya katanya. Saya sangat sedih ketika mendengar hal tersebut.

Pas masih kecil, TK-SD saya masih bisa benci orang lain dan nggak maafin orang lain.
Eh tapi kok sesudah besar, SMP-SMA dan berikutnya.. Kok rasanya saya gak bisa banget ya untuk benci orang lain?
Saya gak pengen membenci orang lain, karna saya tau rasanya dibenci. Terus yang namanya maafin pun gampang banget :D
Bahkan ketika teman saya ini dicap segitu jeleknya oleh sahabat saya sendiri, saya hanya diam dan tidak ikut menjelek-jelekan. Justru saya malah ngajak omong temen saya ini.. walaupun sehari2nya saya selalu sama sahabat saya ini.
Saya berusaha tidak membenci orang lain, walaupun dihina, disakiti, dicacimaki, dihakimi, Saya ingin menjadi sahabat mereka, menjadi saudara dalam kesukaran, menjadi penghibur bagi mereka yg sedih, menjadi penolong bagi mereka.

Meskipun seluruh orang didunia ini membenci teman saya yg saya ceritain tadi (teman saya ini gak akrab dengan saya) Saya tidak akan pernah membencinya. Saya berusaha mengasihinya.

Toh Tuhan sendiri juga selalu mengampuni dosa2 kita :) meskipun kita salah, Tuhan juga gak pernah meninggalkan kita sedetikpun. Justru Tuhan selalu menunggu kita untuk berubah dan tetap mencintai kita.
Saya pun begitu, saya juga harus belajar memaafkan & melupakan kesalahan orang lain kan:) hehehe. ^-^
kayak lagu maria shandi tuh yang judulnya mengampuni :D
*Intinya harus belajar sabar ya*

Ohya, dulu saya dikenal oleh sahabat saya sebagai orang yang selalu bilang "No gossip please" waktu SMP hihihi.
Garagara waktu kumpul sama mereka, terus sahabat saya ini pada gossip dan saya bilang toh ke mereka "hala gossip ae. Udahlah ga usah gossip" wkakaka :p
Sehingga temen saya ini suka ngatain saya "mesti lak yola senengnya ngmong no gossip"
hihihi. Perkataan itu masih terbayang dalam ingatan saya.

Tapi semenjak SMA ini saya berusaha menjadi orang yang lebih baik. Akhir2 ini saya juga belajar diem dan mengalah saat saya dicaci maki oleh siapapun itu. Entah orang yg deket dgn saya, ataupun orang lain. Serius, saya akhir2 ini lebih banyak diem dan mengalah kalo dinasehatin, kalo dikomentarin, kalo orang lain cerita ke saya.
Saya belajar diam dan tidak menyakiti hati orang lain walaupun kadang saya ngerasain difitnah atau apapun itu.

Saya berusaha juga untuk menjaga mulut saya agar tidak sama dengan semboyan ini "Mulutmu Harimaumu'.
Saya berusaha menjaga sekali omongan saya ini supaya tidak menyakiti hati orang lain. Kadang sulit ya apalagi sama teman yang nyebelin banget, tapi saya harus bisa ngerem pembicaraan saya supaya orang itu gak sakit hati.
Itu sih prinsip dan komitmen saya.

Saya harus hidup dalam komitmen, hehehe. Saya harus melawan emosi melawan egois demi komitmen saya.

Maaf ya kalo pernah ada yang tersinggung sama perkataan saya, saya ikut sedih kalo orang lain benci sama saya karna perkataan saya yang kadang gak saya rem. Maaf banget ya. ^-^

"Kasih itu sabar. Kasih itu murah hati. Ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong." (1 Kor 13:4)

Komentar

Postingan Populer