Fakta Unik nan Menarik Sungai Yordan

Halo guys? gimana nih kabar kalian? pasti luar biasa kan:3
kali ini, kita akan membahas salah satu tempat di Israel yang paling terkenal. kita akan membahas fakta-fakta Sungai Yordan beserta pandangan tentang sungai ini didalam Alkitab. Cekidot!!

SUNGAI YORDAN: 
1. Nama asli sungai ini adalah Jordan Al Urdun yang artinya "Yang Menurun". Diberi nama demikian karena sungai ini bergerak turun dari ketinggian 3000 kaki dari gunung Hermon.

2. Sungai Yordan dibentuk dari kesatuan empat sungai kecil yang mengalir menuju Laut Mati, 1300 kaki di bawah permukaan laut.

3. Sungai Yordan merupakan sungai yang paling banyak disinggung dalam Alkitab baik dalam Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru. Dalam Perjanjian Lama, sungai Yordan adalah sungai yang harus disebrangi oleh umat Israel agar bisa mencapai tanah perjanjian yaitu Kanaan. Sungai Yordan (Yosua 3:13-17). Selain itu, disekitar area sungai Yordan juga menjadi saksi bisu pengangkatan nabi Elia ke surga dengan kereta perang yang menyala-nyala. (2Raja-raja 5:10-14).

4. Dalam kitab Perjanjian Baru, tepat disungai Yordan, 5 mil timur Yerikho, terjadilah kejadian yang paling bersejarah didunia yaitu pembaptisan Yesus oleh Yohanes pembaptis (Matius 3; Markus 1; Lukas 3). Pembaptisan inilah yang menjadikan sungai Yordan sebagai sungai suci bagi seluruh umat Kristen sejak dahulu kala.

5. Sungai Yordan memiliki debit air terbesar dan terus menerus mengalir sepanjang tahun di Palestina.

Nah, selain beberapa poin cakupan di atas. sebenarnya masih banyak lagi lho fakta dan informasi unik nan menarik mengenai sungai Yordan yang terkenal ini.
tapi, sampai disini dulu ya guys. God bless you!
(sumber:wartaAOG25agustus2013)

Komentar

Postingan Populer